Indikasi Kesehatan Tubuh Melalui Kondisi Lidah

Lidah merupakan salah satu bagia tubuh yang menjadi sumber informasi kesehatan tubuh yang terkadang diabaikan. Berbagai gejala seperti demam, sakit kepala atau muntah – muntah biasanya akan menarik perhatian lebih dari gejala yang ada berhubungan dengan perubahan pada lidah. Walaupun demikian, jika kamu merasa tidak enak badah, dengan memantau lidah akan dapat membantu tubuh kamu menemukan apa masalah  kesehatan yang terjadi pada tubuh kamu.


Lidah Membengkak
Lidah mengalami bengkak merupakan tanda darurat pada tubuh kamu yang memerlukan perhatian medis sesegera mungkin. Pasalnya lidah yang mengalami bengkak bisa saja dengan cepat memburuk ke titik dimana aliran udara menjadi terhambat. Nah jika lidah kamu mengalami pembengkakan, sebaiknya untuk langsung berkunjung ke dokter segera. Salah satu penyebab yang paling umum terjadinya lidah bengkak adalah alergi pada suatu obat. Nah obat penyebab alergi yang paling sering terjadi adalah obat golongan antibiotik. Karena ACE inhibitor yang digunakan untuk mengobati penderita tekanan darah tinggi, juga kadang bisa menyebabkan lidah menjadi bengkak apabila penderita juga alergi terhadap obat tersebut. berbagai obat – obatan umum seperti halnya aspirin dan ibuprofen juga bisa menyebabkan lidah menjadi bengkak apabika kamu juga memiliki alergi terhadap obat – obatan tersebut. selain itu,penyebab lainnya adalah karena alergi pada suatu makanan. Biasanya alergi terhadap suatu makanan juga bisa menyebabkan berbagai gejala mulai dari terjadinya sakit perut, gatal – gatal dan bahkan munculnya ruam – ruam pada kulit.

Berbagai elergi makanan yang paling umum terjadi pada anak – anak adalah alergi terhadap kacang tanah, susu, kedelai, telur dan bahkan gandum. Nah kalau untuk orang dewasa biasanya alergi makanan yang paling sering adalah alergi terhadap kacang, gandum, kerang, ikan dan berbagai makanan seafood lainnya. Dan biasanya berbagai reaksi alergi yang sering muncul akan membutuhkan perhatian medis, dan perlunya berkunjung ke dokter untuk membicarakan hal tersebut jika kamu mengalami beberapa alergi makanan yang dapat menyebabkan lidah kamu mengalami bengkak.

Dan kadang – kadang, alergi dari sengatan lebah juga bisa membuat lidah kamu mengalami pembengkakan. Namun hal lebih jarang terjadi dibandingkan dengan terjadinya pembengkakan pada tenggorokan atau pun pada bibir. Walaupun demikian, apabila kamu berpikir bahwa kamu mungkin mengalami suatu alergi terhadap sengatan lebah, pentingnya untuk berkunjung ke dokter mencari saran medis dalam penanganannya. Pasalnya alergi yang ditimbulkan dari sengatan lebah tentunya menjadi ancaman tersendiri untuk jiwa seseorang.


Nah itulah beberapa kondisi kesehatan tubuh yang dapat diindikasikan melalui  kondisi lidah kamu. jadi kalau lidah kamu terjadi perubahan seperti diatas sesegera mungkin untuk melakukan penanganan medis yang tepat. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: