7 Manfaat Jeruk untuk Kesehatan Tubuh Manusia yang Wajib Anda Tahu

Kesehatan tubuh memang perlu dijaga demi terhindar dari penyakit dan beragam gangguan kesehatan lainnya. Cara untuk menjaga tubuh agar tetap sehat pun banyak dan beragam. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi buah secara rutin dan teratur.

Ya, cara termudah ini memang banyak dilakukan oleh banyak kalangan. Dari mulai anak-anak, remaja, dewasa, sampai orang yang sudah tua pun sering melakukan cara ini. Di samping mudah, cara ini pun dinilai enak karena Cuma harus mengonsumsi buah sebagai sumber vitamin untuk tubuh.
Perlu Anda ketahui, buah yang baik untuk kesehatan sendiri sangatlah banyak. Tapi dari semua buah yang ada, hanya beberapa saja yang dinilai enak, banyak disukai, dan mudah ditemui. Salah satunya adalah jeruk. Menjaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi jeruk sendiri banyak manfaatnya.
Tidak hanya untuk kecantikan. Kandungan nutrisi dan vitamin yang ada dalam jeruk juga bagus untuk menyehatkan tubuh. Sebut saja vitamin C. Vitamin yang satu ini merupakan nutrisi yang berguna untuk memperkuat sistem imun. Saat sistem imun Kita kuat, maka virus dan bakteri penyebab penyakit pun bisa dihindari dengan mudah oleh sistem imun.
Yuk Kenali Manfaat Jeruk yang Berguna untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Kita!
 Selain berguna untuk menguatkan sistem imun, jeruk juga memiliki beragam kelebihan lain yang berguna untuk menjaga tubuh Anda agar tetap sehat dan kuat. Penasaran seperti apa manfaat yang dimaksud?
Nah, berikut adalah beberapa manfaat jeruk untuk kesehatan:
  1. Menurunkan kolesterol
Jeruk sendiri merupakan buah yang kaya akan Hesperidin dan Pectin. Dimana kedua zat tersebut adalah zat aktif yang sangat berguna untuk menurunkan kolesterol. Jadi, dengan mengsonsumsi jeruk secara rutin, diharapkan kolesterol dalam tubuh Anda akan berkurang dan menurun dengan sendirinya.
  1. Mencegah perkembangan kanker
Tidak hanya berguna untuk menurunkan kolesterol. Jeruk juga dipercaya ampuh untuk mencegah kanker. Kandungan D-limonene dalam jeruk dipercaya mampu mencegah perkembangan kanker dalam tubuh manusia, sehingga dapat digunakan sebagai obat alami untuk mencegah pertumbuhan kanker dalam tubuh.
  1. Menurunkan tekanan darah tinggi
Manfaat jeruk untuk kesehatan tubuh manusia memang sangat banyak. Selain berguna untuk mencegah kanker dan menurunkan kolesterol, kandungan Hesperidin dan Magnesium dalam jeruk sendiri diyakini ampuh untuk mengatasi tekanan darah tinggi dan mengurangi resiko stroke dan penyakit jantung.
  1.  Baik untuk perkembangan otak
Selain vitamin C, kandungan jeruk yang baik untuk kesehatan adalah kandungan asam folatnya. Ya, asam folat dalam jeruk memang berguna untuk mempercepat perkembangan otak yang memungkinkan peningkatan kinerja otak. Jadi sangat cocok untuk Anda yang memiliki buah hati dalam masa pertumbuhan.
  1. Menyehatkan dan mempercantik kulit
Jeruk juga kaya akan kandungan antioksidan yang bagus untuk menyehatkan dan mempercantik kulit. Dengan mengonsumsi jeruk secara rutin, niscaya kulit Anda akan lebih sehat, cerah, dan terawat kecantikannya.
  1. Mencegah kram
Jika Anda adalah olahragawan, maka cara menjaga kesehatan tubuh dengan jeruk ini bisa Anda dilakukan untuk menghindarkan diri dari kram. Pasalnya, kandungan Kalium dan Potasium yang tinggi dalam jeruk akan membantu Anda untuk terhindar dari masalah kram dan sejenisnya.
  1. Menyehatkan tulang
Buah yang kaya manfaat ini memang memiliki beragam nutrisi dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah Kalsium. Ya, kandungan Kalsium dalam jeruk sendiri terbilang cukup besar, yaitu sekitar 7% dari total jumlah kebutuhan Kalsium harian tubuh tiap 180 gram jeruk. Dengan kandungan seperti itu, maka hal yang wajar jika jeruk adalah bahan makanan yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tulang.

Itulah 7 manfaat jeruk untuk kesehatan tubuh, manfaat yang bisa Anda dapat setelah rutin mengonsumsi jeruk. Semoga dengan menyimak beragam manfaat di atas Anda jadi semakin rajin untuk mengonsumsi jeruk untuk menjaga kesehatan dari tubuh yang Anda miliki. 

Subscribe to receive free email updates: