Mengenal Gejala Penyakit Anoreksia Nervosa Dan Penyebabnya

Gejala Penyakit Anoreksia Nervosa Dan Penyebabnya – Penyakit ini merupakan penyakit ketakutan terlihat gemuk. Walapun kondisi fisik yang tidak gemuk, akan tetapi selalu merasa bahwa sedang mengalami kegemukan. Fatalnya orang yang mengidap penyakit ini biaanya akan dengan sangat ketat membatasi pola makannya dan terlalu memporsir tubuhnya dengan berolahraga secara berlebihan. Dan ada beberapa kasus yang sampai memuntahkan makanan yang telah masuk kedalam tubuh.

Hal ini sangatlah berbahaya. Mengingat tubuh sangat perlu asupan gizi yang cukup. Apa yang terjadi apabila tidak ada asupan gizi yang memadai? Tentunya berbagai gangguan sistem organ tubuh sampai malfungsi pun akan terjadi. Dan berikut ini merupakan gejala-gejala serta penyebab dari penyakit anoreksia nervosa yang perlu anda ketahui.
Gejala Penyakit Anoreksia Nervosa Dan Penyebabnya
1.    Penurunan berat badan yang signifikan dan terlihat kurus
Hal ini dikarenakan penderita anoreksia yang ketakutan apabila memakan makanan terlalu berlebih seperti yang dipikirkannya, padahal pada orang normal pada umumnya porsi makan berlebih yang dimaksud penderita anoreksia adalah normal. Hal inilah yang menyebabkan penderita anoreksia mengalami penurunan berat badan yang sangat drastic karena kurangnya asupan makanan yang masuk kedalam tubuh.
2.    Sering memuntahkan kembali makanan yang telah dimakan
Jika anda atau teman sekeliling anda suka memuntahkan kembali makanan yang telah dimakan,tanpa alas an yang jelas, maka perlu diwaspadai bahwa bisa jadi mengidap penyakit anoreksia nervosa. Memuntahkan kembali makanan yang telah masuk bisa menyebabkan kurangnya asupan nutrisi yang ada dalam tubuh yang padahal memang sangat dibutuhkan sekali oleh tubuh.
3.    Selalu memperhatikan bentuk tubuh di cermin
Kekhawatiran yang berlebih akan bentuk tubuh yang gemuk, membuat penderita anoreksia nervosa kurang memiliki percaya diri. Padahal dengan kondisi tubuhnya yang sudah sangat kurus, penderita penyakit ini akan terus merasa menjadi manusia paling kurus di dunia
4.    Sering berolahraga secara berlebihan
Berolahraga memang sangat diperlukan oleh tubuh. Akan tetapi apapun itu walaupun sebuah kebaikan jika dilakukan secara berlebihan tentunya tidak baik bagi tubuh. Dengan olahraga yang teralu di forsir, maka banyak sekali cairan yang di keluarkan oleh tubuh. Akan tetapi hal ini tidak diimbangi dengan asupan nutrisi bagi tubuh.
5.    Gemar mengkonsumsi obat pencahar
Ini lah gejala penyakit anoreksia yang sangat berbahaya. Obat pencahar tidak bisa diminum rutin karena obat ini hanya bisa diminum ketika memang sudah sangat terpaksa tidak ada pilihan lain untuk mengatasi masalah sembelit. Penderita anoreksia sangat gemar mengkonsumsi obat pencahar karena mereka mengira dengan obat ini lemak-lemak pun bisa turut hilang dan juga bisa merampingkan perut mereka.


Itulah beberapa gejala penyakit anoreksia nervosa. Sebenarnya penyebab secara pasti penyakit ini sampai sekarang belum diketahui, hanya saja sebab utama dari penyakit ketakutan akan kegemukan ini adalah kurangnya rasa percaya diri dengan kondisi fisik yang ada. Dan juga faktor genetika serta lingkungan sangat berpengaruh sebagai faktor penyebab timbulnya penyakit ini. Demikian beberapa gejala dan penyebab penyakit anoreksia nervosa. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: