Cara Mudah Mengobati Suara Serak Dan Parau Secara Alami

 

Kita yang sekarang ini terkadang lupa untuk bersyukur akan kenikmatan yang telah diberikan tuhan kepada kita. Kesehatan yang telah diberikan oleh tuhan haruslah kita jaga. Dengan menerapkan pola hidup yang sehat merupakan salah satu langkah awal dalam menjaga kesehatan kita. Kemudian menjaga kebersihan lingkungan sekitar juga sanagt penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Namun terkadang meski kita sudah berupaya untuk menerapkan pola hidup sehat serta menjaga lingkungan agar tetap bersih, akan tetapi tetap saja yang namanya  penyakit bisa datang kapan saja ke tubuh kita. Salah satu penyakit yang rentan terjadi pada kita yakni hilangnya pita suara atau parau yang mengakibatkan suara kita menjadi serak.



Suara serak sering kali menyerang kita tanpa tau kapan dan dimana, tiba-tiba saja suara kita menjadi parau dan serak. Beberapa kata orang dulu suara serak itu diakibatkan karena masuk angin dan meriang atau bisa juga flu yang menyerang kita karena kehujanan. Ketika anda merasakan sakit ditenggorokan dan terasagatal biasanya hal tersebut merupakan tanda kalu suara anda akan hilang untuk sementara atau parau.

Untuk mengetahui apa saja gejala gejala yang muncul sebelum suara kita serak, bisa dilihat dibawah ini:

  • Terasa sulit untuk menelan atau bernapas, terlebih lagi saat Anda juga memiliki sakit telinga.
  • Batuk atau tersedak ketika Anda menelan. Sering membersihkan tenggorokan atau terasa sensasi seperti ada benjolan di tenggorokan Anda.
  • Suara serak yang berlangsung lebih dari 2 atau 3 minggu.
  • Suara yang rendah, serak, atau kasar.

Setelah mengetahui gejala gejala diatas, lalu bagaimana cara mengobati suara serak dan parau? Baiklah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, dibawah ini akan dijelaskan tentang Cara Mudah Mengobati Suara Serak Dan Parau Secara Alami seperti berikut :

Campuran Jeruk nipis dan kecap manis

Salah satu cara alami yang bisa anda lakukan untuk mengobati suara serak dan parau yaitu dengan menggunakan jeruk nipis dan kecap manis. Mengapa bisa jeruk nipis bisa mengobati suara serak? Hal ini dikarenakan jeruk nipis banyak mengandung vitamin C yang tinggi yang dapat mempercepat proses penyembuhan suara serak sedangkan  kecap manis berfungsi untuk menetralisir rasa asam dari jeruk nipis. Obat ramuan ini sudah dikenal sejak jaman dulu.

Minum Banyak Cairan Hangat

Hal ini dikarenakan ketika suara anda serak maka tenggorokan anda akan terasa gatal maka dengan meminum cairan hangat akan membantu untuk melegakan tenggorokan anda. Jangan lupa juga untuk meminum air putih biasa sekitar 6 - 8 gelas untuk selalu menjaga tenggorokan anda tetap basah dan tidak terasa kering atau gatal lagi.

Daun Sirih

Kebanyak orang pasti sudah tau bahwa daun sirih merupakan salah satu daun yang kaya akan manfaat. Selain digunakan untuk merawat gigi dan menghilangkan bau badan, ternyata khasiat yang terdapat pada daun sirih juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati suara serak. Ini disebabkan karena dalam daun sirih terkandung minyak atsiri yang dapat mempercepat penyembuhan suara serak yang secara alami.

Madu dan Jeruk Nipis

Selain kecap manis dan jeruk nipis, salah satu ramuan yang bisa mengobati suara serak anda adalah campuran madu dan jeruk nipis. Fungsinya madu hampir sama dengan kecap manis yaitu untuk menetralisir rasa asam yang ditimbulkan oleh jeruk nipis. Terlebih dari itu, madu memang sudah dikenal sejak dulu mengandung zat yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Hindari Daerah Berasap

Ketika anda sakit akan terasa banyak sekali faktor yang bisa mempengaruhinya menjadi parah, sama dengan ketika suara anda, berada di daerah kering, berdebu dan berasap akan memperparah keadaan anda, jadi cobalah untuk menghindari daerah daerah tersebut.

Demikianlah tadi beberapa tips Cara Mudah Mengobati Suara Serak Dan Parau Secara Alami. Semoga dapat menjadi referensi yang bermanfaat serta menjadi solusi bagi anda.

Subscribe to receive free email updates: