Inilah Penyebab Haid Tidak Lancar Pada Wanita

Inilah Penyebab Menstruasi Tidak Lancar Pada Wanita – Salah satu masalah yang sering terjadi bagi para wanita yang sedang mengalami fase mesntruasi adalah tidak lancarnya proses menstruasi. Menstruasi yang tidak lancar mengakibatkan rasa sakit pada perut anda, selain itu karena darah yang keluar tidak tuntas, hal ini berakibat sisa sisa darah mengumpul dan bila dibiarkan dalam waktu yang lama, maka akan berakibat serius bagi kesehatan organ kewanitaan anda.

Selain itu, menstruasi yang tidak lancar, membuat anda kesulitan untuk menghitung fase menstruasi. Dan hal ini berakibat sulitnya memprediksi masa subur. Banyak sekali hal-hal yang bisa menjadi penyebab ketidaklancaran menstruasi anda. Baik itu karena faktor hormone juga karena faktor ekstern anda. Dan inilah penyebab menstruasi tidak lancar pada wanita yang perlu anda ketahui.

Penyebab Menstruasi Tidak Lancar Pada Wanita

1.    Kehamilan
Antara kehamilan dan menstruasi memang memiliki peranan dan kaitan yang saling berhubungan. Salah satu tanda anda sedang mengalami proses kehamilan adalah dengan tidak lancarnya fase menstruasi anda. Maksudnya adalah jika misalnya periode rutinan menstruasi anda terlewatkan mungkin ini merupakan salah satu tanda anda sedang hamil. Selain karena kehamilan jika anda sedang dalam masa fase menyusui juga bisa menjadi penyebab menstruasi yang tidak lancar. Dan ini sebenarnya bukan sesuatu yang berbahaya, karena normal.

2.    Masalah pada berat badan
Naik atau turunnya berat badan secara signifikan juga merupakan salah satu penyebab menstruasi yang tidak lancar. Naiknya berat badan dengan signifikan merupakan salah satu terjadinya permasalahan pada kelenjar tiroid. Selain itu juga dengan naiknya berat badan secara signifikan bisa merupakan sinyal tanda terjadinya masalah ovarium polikistik yang menjadikan menstruasi anda tidak lancar. Dan untuk hal ini memang diperlukan penanganan dokter lebih lanjut dan juga berat badan yang berkurang juga menjadi masalah tersendiri, karena dengan berat badan yang menurun berarti pembentukan hormone haid juga turut berkurang.

3.    Stress
Stress berat sangat berpengaruh terhadap lancarnya proses menstruasi anda. Ketika anda sedang dalam pressure, maka tubuh secara otomatis akan memproduksi hormone pemicu stress. Dan dengan diproduksi secara alaminya hormon ini, akan berpengaruh negative terhadap pembentukan hormone haid, dan tentu saja sangat berpengaruh pada kelancaran menstruasi anda. Selain menyebabkan tidak teraturnya mesntruasi, stress yang berlebih juga mengakibatkan terjadinya pendarahan berlebih pada saat menstruasi. Jadi untuk masa menstruasi yang lancar, sangat disarankan agar anda tidak mengalami kondisi stress berat.

4.    Penggunaan Alat Kontrasepsi
Penggunaan alat kontrasepsi seperti pil KB, suntik KB maupun bentuk KB yang lainnya, sangat berpengaruh terhadap kelancaran menstruasi anda. Selain itu dengan menggunakan alat kontrasepsi untuk beberapa kasus yang tidak cocok akan merasakan kondisi tubuh yang berat badannya melonjak drastic ataupun sebaliknya, maka dari itu jika memang harus menggunakan alat kontrasepsi, carilah yang benar-benar cocok untuk anda.


Nah, itulah beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan menstruasi anda tidak lancar. Pola hidup sehat, dan rutin berolahraga serta cukup minum air putih sangat disarankan agar menstruasi anda lancar. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: