5 Manfaat Tanaman Kaktus Bagi Kecantikan yang Jarang Diketahui

Apa saja manfaat tanaman kaktus bagi kecantikan? Ya, sebagian dari Anda mungkin akan merasa penasaran dengan manfaat dari tanaman berduri tersebut. Karena dapat dipastikan bahwa hingga saat ini mungkin tidakbanyak kalangan yang sudah mengetahui apa saja manfaat dari tanaman kaktus, termasuk bagi dunia kecantikan.

5 Manfaat Tanaman Kaktus Bagi Kecantikan yang Jarang Diketahui

Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa kaktus sendiri adalah salah satu jenis tanaman berduri yang mampu bertahan lama di daerah kering seperti padang pasir atau gurun sekalipun. Hal tersebut diketahui karena jenis tanaman ini mampu menyerap banyak mineral atau air di dalam tanah melalui akarnya yang panjang.

Manfaat Tanaman Kaktus Bagi Kecantikan

Kendati memiliki banyak duri pada hampir seluruh permukannya, namun belakangan ini tanaman kaktus juga mulai banyak digunakan sebagai tanaman hias. Dan ternyata, tanaman kaktus ini juga memiliki manfaat yang menakjubkan bagi perawatan kecantikan. Tidak percaya? Inilah sederetan manfaat tanaman kaktus bagi kecantikan yang dapat kita ketahui bersama.

1. Menyamarkan Noda Hitam

Tanaman kaktus dikenal memiliki kandungan favonoid serta anti-inflamasi yang cukup tinggi. Tentunya tak heran jika jenis tanaman ini memiliki cukup banyak kandungan mineral alami yang bermanfaat bagi kulit manusia.

Dengan kandungan anti-inflamasi serta flavonoid tersebut, gel atau cairan yang terdapat di dalam tanaman kaktus diyakini mampu membantu menyamarkan bintik atau noda hitam pada kulit wajah. Selain itu, dapat juga digunakan untuk meredakan kulit yang terbakar oleh sinar matahari.

2. Anti-Aging

Selain menyamarkan noda hitam, kandungan flavonoid serta mineral lainnya yang terdapat di dalam buah kaktus juga diyakini dapat mencegah proses penuaan dini. Sehingga untuk menemukan anti-aging tidak harus selalu diperoleh melalui kosmetik kecantikan saja.

Tidak hanya berfungsi sebagai anti-aging, kandungan tersebut juga diketahui dapat membantu proses stimulasi pertumbuhan sel baru serta membantu proses penyerapan nutrisi pada lapisan epidermis kulit.

3. Menjaga Kelembaban Kulit

Manfaat lain dari tanaman kaktus untuk kecantikan adalah mampu menjaga tingkat kelembaban kulit. Sebenarnya tak heran, karena seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa di dalam tanaman kaktus terkandung mineral alami yang cukup tinggi.

Cara perawatannya pun terhitung mudah, karena Anda hanya tinggal menyiapkan daging dari tanaman kaktus tersebut. Kemudian ratakan daging tanaman kaktus tersebut di seluruh wajah lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit, bilas dan bersihkan.

4. Menghilangkan Mata Panda

Ternyata tidak hanya buah lemon dan mentimun saja yang ampuh menghilangkan mata panda atau warna gelap di bagian area lingkar bawah mata. Namun kandungan yang terdapat di dalam tanaman kaktus juga dapat membantu menghilangkan masalah mata panda.

Caranya pun tidaklah sulit, siapkan beberapa tetes perasan air dari tanaman kaktus. Setelah itu, campurkan air perasan tanaman kaktus tadi dengan serum wajah bertekstur oily/cair atau dengan minyak zaitun. Oleskan pada area mata/lingkar mata lalu biarkan mengering, bilas dan bersihkan.

5. Menjaga Keindahan dan Kesehatan Rambut

Ya, tidak hanya bermanfaat bagi kecantikan wajah, namun tanaman kaktus juga diketahui bermanfaat menjaga kesehatan dan kecantikan rambut. Namun untuk perawatan ini, Anda akan membutuhkan kandungan minyak dari tanaman kaktus.

Minyak kaktus ini memiliki kandungan vitamin E dan juga asam amino yang cukup tinggi. Sehingga ketika digunakan untuk perawatan rambut, maka dapat membuat rambut lebih berkilau serta membantu proses stimulasi pertumbuhan rambut dengan cepat.

Demikian di atas tadi adalah bebeerapa manfaat tanaman kaktus bagi kecantikan yang mungkin masih jarang diketahui oleh banyak orang pada umumnya. Semoga informasi perawatan kecantikan alami di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu sekaligus bermanfaat untuk Anda semuanya.

Subscribe to receive free email updates: